Cara Penggunaan Sensor Accelerometer MIT App Inventor

Cara Penggunaan Sensor Accelerometer MIT App Inventor - Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Semoga Keselamatan dan rahmat Allah, serta keberkahan-Nya terlimpah pada kalian..Aminnn ya Allah. Baiklah pada kali ini saya akan membuat Tutorial Accelerometer pada MIT App Inventor dan bagaimana cara penggunaannya, maaf sebelumnya disini saya hanya membuat contoh project Accelerometer yang sederhana dan nanti anda bisa Download Source Code Accelerometer MIT App Inventor. Ok tanpa banyak kata belatbelitnya langsung saja kita simak apa itu accelerometer dan bagaimana cara penggunaannya…..

Apa itu Accelerometer MIT App Inventor?
Accelerometer adalah komponen yang tak terlihat yang bisa mendeteksi gemetar dan mengukur percepatan menggunakan satuan SI (m/s2). Pada intinya accelerometer mendeteksi getaran. Berikut sedikit detail penjelasan accelerometer pada MIT App Inventor

Property
  • Available
  • Enabled
  • Minimum Interval (Interval Minimum dalam milidetik antara guncangan telepon).
  • Sensitivity (Sebuah angka yang mendekatkan seberapa sensitive accelerometer tersebut. Pilihannya adalah : 1= Lemah, 2=Sedang dan 3 = Kuat).
  • xAccel (Yaittu 0 saat telepon berada pada posisi dipermukaan yang datar, Negatif saat telepon dimiringkan kekanan (misalnya, sisi kirinya dinailkan), dan Positif saat telepon dimiringkan kekiri (misalnya sisi kanannya dinaikan)).
  • yAccel (yaitu 0 saat telepon berada pada posisi diam pada permukaan yang datar, Negatif saat bagian bawahnya dinaikkan, dan Positif saat bagian atasnya dinaikkan).
  • zAccel (yaitu sama dengan +9,8 (gravitasi bumi dalam perdetik saat perangkat diimbangi sejajar dengan permukaan dengan layar menghadap ke atas, 0 saat tegak lurus ketanah dan -9,8 saat menghadap ke bawah). Nilai juga dapat dipengaruhi oleh mempercepatnya dengan atau melawan grafitasi.
Sensor Accelerometer
Nah, langsung aja kita praktekin cara penggunaan Sensor Accelerometer pada MIT App Inventor.
Berikut caranya 


Buat Project baru dengan nama Accelerometer atau terserah anda mau buat apa nama projectnya, Kalau sayamah nama projectnya Accelerometer, seperti gambar dibawah ini.

Tampilan Project Sensor Accelerometer MIT App Inventor

Selanjutnya anda masukan komponen ke desain program, Setelah dimasukan Sensor Accelerometer tambahin Juga Button dan label, Seperti desain saya dibawah ini.

Tampilan Design Sensor MIT App Inventor
Keterangan :
  1. Button ganti propertinya (Name = BTN_Accelerometer, Text = Accelerometer OFF, Textcolor= putih, Background color= Abu-abu)
  2. Label ganti Propertynya (Nama=L_NilaiAccelerometer dan Text=0)
  3. Accelerometer ganti Propertynya (Enabled=false atau ilangin centannya)
Selanjutnya anda masuk ke block program, Susun Block Programnya seperti gambar dibawah ini.


Tampilan Block Sensor Accelerometer MIT App Inventor

Kalo udah selesai nyusun blocknya langsung saja jalankan diemulator dan anda akan tau mana gerakan X, Y, dan Z. Cuman segitu sih yang saya bisa, Dari sedikit pembicaraan saya disini anada  bisa mengembangkan penemuan program baru dengan memanfaatkan acceleromer tersebut. Misalnya membuat pemutar musik apabila diguncang ponselnya, maka musiknya mati, Itu salah satu contohnya Atau membuat game dengan gerakan.
Untuk lebih jelasnya bisa diklik video ini : Video Tutorial Cara Penggunaan Sensor Accelerometer MIT App Inventor dan jangan lupa subscribe nya…

Link Download :
Download Source code Accelerometer MIT App Inventor | aia / apk

Silahkan download apk untuk mendapatkan source codenya. Semoga setidaknya sedikit bermanfat untuk yang membaca sekarang ini. Sekian dari saya Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


4 comments:

  1. Sangat2x bermanfaat,...terima kasih sdh berbagi...sdmoga Allah membalas ilmu yg anda bagi, dgn kebaikan...amiin...

    ReplyDelete
  2. linknya hangus om

    ReplyDelete

Mari Berbincang Secara Bijak